Juara 1 Lomba TTS Gramedia

Awalnya saya tahu informasi lomba ini dari twitter. Saat sedang searching kuis di twitter dengan clue: “hadiah”, tiba-tiba saya menemukan Lomba TTS di akun twitter @BukuKompas. Langsung saja saya follow dan favoritin tweet mereka.

Penerbit Buku Kompas @BukuKOMPAS · Nov 3

Ajak teman, saudara, orang tua Anda untuk ikut #LombaTTS di @gramedMatraman Minggu, 09 Nov 2014, pkl 14.00. Jangan lewatkan kesempatan ini.

Penerbit Buku Kompas @BukuKOMPAS · Nov 3

Informasi #LombaTTS di @gramedMatraman 09Nop2014 pkl 14.00 hub. 021-8581763 @harianKompas @gramediabooks

Malam harinya, sepulang dari kantor, saya mampir Gramedia Matraman dan menghubungi Customer Service untuk menanyakan informasi lomba TTS. Dari Customer Service, saya mendapatkan info cara mengikuti lomba adalah dengan membeli salah satu Buku TTS Kompas edisi berapa pun. Finally, saya pun membeli BUju TTS Edisi terbaru dan segera mengisi formulir di Customer Service.

Minggu, 9 November 2014 yang lalu bertempat di Function Room Gramedia Matraman dilangsungkan Lomba TTS. Diikuti oleh sekitar 45 orang, Lomba ini merupakan lomba kedua yang saya ikuti secara live. Sebelumnya, pada tahun 2011, saya berhasil keluar sebagai juara kedua pada lomba yang sama.

Tepat pukul 14.00 WIB lomba dimulai. Pembawa acara membuka acara dengan sapaan ramah untuk mengurangi ketegangan para peserta lomba yang sudah tak sabar ingin berlomba. Sebelum dimulai, panitia membacakan syarat dan ketentuan lomba TTS. Intinya adalah pemenang lomba dinilai dari kebenaran jawaban. Jika semua peserta dapat menjawab semua pertanyaan, maka penentuan pemenang akan dinilai dari kecepatan pengumpulan jawaban. Jika tidak ada satu pun peserta yang mampu menyelesaikan semua pertanyaan dengan benar, maka penentuan pemenang akan dilakukan dengan melihat jumlah kesalahan terkecil oleh peserta.

Setelah membacakan peraturan lomba, panitia membagikan lembar TTS yang masih tertutup. Peserta boleh mengisi biodata terlebih dahulu, namun belum boleh memulai mengerjakan TTS.

Deng deng…. Sudah Siap semua???? Tiga, Dua, Satuuuu!! Lomba pun dimulai.

Format TTS benar-benar di luar ekspektasi saya. Kalau biasanya Soal mendatar ada di sebelah kiri, kali ini formatnya dibalik. Soal Menurun di sebelah kiri dan soal Mendatar di sebelah kanan.

Untung saja soal-soalnya tidak terlalu banyak. Hanya ada sekitar 20 soal mendatar dan 20 soal menurun. Dalam beberapa menit, sudah ada peserta yang mengumpulkan jawaban. Termotivasi oleh pengumpul pertama, saya pun cepet-cepet ingin menyelesaikan semua soal.

Yes…. saya jadi pengumpul kedua. Saya pun keluar ruangan dan berkumpul bersama beberapa peserta lain yang juga sudah selesai. Sambil menikmati hidangan yang disiapkan, kami sempat membahas jawaban soal TTS tadi.

Menjelang waktu Asar, saya menuju mushola Gramedia yang terletak di basement. Selesai sholat, saya berdioa semoga jawaban saya tidajk ada yang salah. Amin. Saya bertemu dengan Rio, peserta lain yang berasal dari Tebet. Kami pun terlibat perbincangan yang cukup hangat. Rio menggemari TTS sejak kecil, sama seperti saya. Hebatnya, Rio sampai pernah punya koleksi kamus kecil untuk mencatat soal-soal yang sulit.

Pukul 15.30, Panitia mengumumkan juara-juara. Juara 3: Rio Hermawan, Juara 2: Pak Teguh, dan juara 1….. dengan waktu 3 menit 58 detik. Peserta nomor urut 11. Faizin!

Alhamdulillah juara1 dapat uang tunai 1juta rupiah dan voucher belanja di Gramedia senilai 500ribu rupiah.TTS Gramedia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s